Belajar Melodi Major Mode

Ingin bisa melodi harus tahu major modes dulu

belajar gitar pemula, major modes,

Bagi pemula yang baru belajar melodi gitar bisanya bingung ketika harus mencari harmoni dari nada dasar tertentu harus memulai dari mana. Sebagian ada yang menggunakan feelingnya, sebagian meraba-raba asal sesuai atau tidak fals dengan chord yang sedang dimainkan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyimak yang satu ini, sebab ini adalah bagian dapat membantu Anda untuk belajar melodi sekaligus menemukan harmoni dari chord tertentu. Setelah Anda belajar chord-chord dasar biasanya tahapan berikutnya adalah menciptakan harmoni melodi dari setiap chord yang ada. Oleh karena itu, belajar modes memiliki peranan yang penting untuk membawa Anda ke level yang lebih lanjut. Berikut ini saya akan menjelaskan dengan bahasa saya, mudah-mudahan bisa dipahami.


Fungsi belajar  Modes


Modes juga sangat membantu kita dalam melatih improvisasi dan mengembangkan permainan kita. Walaupun ini level dasar tetapi jangan dianggap remeh karena dapat membantu kita memahami pola-pola melodi tertentu. Jadi tetap ikuti, walaupun ulasan seperti ini sudah banyak di bertebaran di internet tetapi tidak salah untuk di jelaskan kembali.

Major Modes atau mungkin kalau mau menggunakan bahasa sederhananya solmisasi yang terdiri dari 7 nada yang kemudian masing-masing nada bisa dikembangkan menjadi sebuah mode lain. Pada kesempatan ini saya menggunakan nada dasar C agar mudah untuk dipahami.

Keluarga Major Modes

Ada 7 nada dalam keluarga major modes, masing-masing nada dapat dijelaskan seperti di bawah ini :

Ionian (I)

Ionian adalah nada pertama dari major modes atau sering juga di sebut tangga nada mayor.
Misalnya kita bermain dengan nada dasar C, maka urutannya adalah C-D-E-F-G-A-B. Lalu yang menjadi pertanyaan kapan tangga nada ini di gunakan? Anda dapat menggunakannya ketika anda bermain di Chord progresi C yang bernuansa major seperti C dan G.

Dorian (II)

Dorian adalah nada kedua dari major modes. Maka bila tadi kita menggunakan nada dasar C maka bentuk Doriannya di mulai dari nada kedua yaitu D, sehingga urutannya menjadi D-E-F-G-A-B-C. Lalu kapan ini dipakai ? Anda bisa bersolo dengan urutan ini ketika anda memainkan Chord urutan kedua dari nada dasar C, yaitu Dm.

Phrygian (III)

Phrygian adalah nada ketiga dalam keluarga major modes, jadi bila tadi kita menggunakan nada dasar C maka bentuk Phrygiannya dimulai dari nada ketiga yaitu E. Urutannya menjadi E-F-G-A-B-C-D. Bila kita melihat dari progresi chord C maka E termasuk chord minor maka phrygian dapat digunakan pada juga di Em. Jadi ketika Anda memainkan Chord Em dengan nada dasar C, cobalah untuk memainkan Phrygian.

Lydian (IV)

Lydian adalah bentuk keempat dalam major modes atau dimulai dari nada F bila kita menggunakan nada dasar C. Urutannya menjadi F-G-A-B-C-D-E. Lydian digunakan ketika Anda memainkan Chord F.

Mixolydian (V)

Mixolydian adalah bentuk kelima dalam major modes atau dimulai dari nada G bila menggunakan nada dasar C. Urutannya menjadi G-A-B-C-D-E-F. Jadi Anda memainkan Mixolydian ketika anda memainkan chord G.

Aeolian (Natural Minor) (VI)

Aeolian adalah bentuk keenam dalam major modes atau sering kali disebut tangga nada minor. Ketika kita menggunakan C sebagai nada dasar maka nada keenamnya adalah A sehingga urutannya menjadi A-B-C-D-E-F-G. dalam chord nada A pada progresi C mengandung nuansa minor sehingga Anda memainkan Chord Am. Jadi ketika memainkan chord Am bermainlah dengan Aeolian.

Locrian (VII)

Locrian adalah bentuk ketujuh dalam major modes. Bila kita menggunakan nada dasar C maka nada ketujuhnya adalah B jadi sehingga urutannya B-C-D-E-F-G-A.

Bila di ringkas sebagai berikut
I=Ionian= C-D-E-F-G-A-B-C 
II=Dorian= D-E-F-G-A-B-C-D
III=Phrygian=E-F-G-A-B-C-D-E
IV=Lydian=F-G-A-B-C-D-E-F
V=Mixolydian=G-A-B-C-D-E-F-G
VI=Aeolian=A-B-C-D-E-F-G-A
VII=Locrian=B-C-D-E-F-G-A-B

belajar gitar pemula, major modes,

Bila kita lihat gambar di atas, penyebaran nada-nadanya ada di sepanjang fret, jadi kita bebas menggunakan nada yang ada dengan catatan tetap berpatokan pada aturan yang ada. 
Catatan :
1. Ketika anda bermain di chord G dengan nada dasar C Anda bebas memainkan modes
2. Memainkan modes diatas per nada bukan per chord, sebab seringkali ada yang keliru dengan penafsiran seperti ini.
3. Jika sudah terbiasa, cobalah dengan nada dasar yang berbeda.
4. Usahakan setiap latihan dengan menggunakan metronome.

Anda juga dapat melihat contoh cara penerapan major modes Sekian ulasan tentang major modes kali ini. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer