6 Trik paling Ampuh Menguasai kata kunci pada blog

6 Trik paling Ampuh Menguasai kata kunci pada blog


Siapa yang tidak ingin artikel yang ditulisnya berada di halaman pertama google. Semua blogger berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan posisi ini. Berada di halaman depan dalam mesin pencari seperti google merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi blogger terlebih para blogger pemula.

Jika Anda pertama kali membuat sebuah artikel dan menerbitkannya terkadang ketika di search di google pun tidak ditemukan. Tentu saja ini membuat kita frustrasi terlebih jika berulang kali terjadi. Tapi tahukah Anda ternyata ada trik-trik yang bisa digunakan untuk mengalahkan para pesaing kita sekaligus menempati posisi elite di google tersebut.

Triknya adalah dengan menguasai kata kunci "tertentu". Tertentu di sini maksudnya sesuai dengan tema dari blog kita. Cara ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum bagi para master SEO untuk bisa menguasai halaman pertama google yang hanya bisa dijejali oleh sepuluh artikel. Bayangkan dari sekian banyak pencarian artikel kita berada di barisan depan. Sebuah tantangan yang menyenangkan bukan?

Sebelumnya apa sih sebenarnya kata kunci itu?


Menurut wikipedia kata kunci merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Kata kunci di sinilah seperti sebuah ide kecil yang kemudian kita kembangkan menjadi sebuah artikel. Tetapi kenyataannya terkadang kita ingin sedikit "memaksakan" kata kunci yang sering di cari orang ke dalam artikel kita yang ingin kita tulis. 


Mengapa perlu melakukan Riset Kata kunci (Keyword)


Riset Kata kunci merupakan cara kita mengetahui seberapa sering kata tersebut dicari oleh para pengguna internet dalam mesin pencari (google). Jadi dengan melakukan riset ini kita bisa lebih fokus untuk mengembangkan ide-ide kita dari kata yang sedang kita bidik. Bahkan beberapa pakar SEO mengatakan bahwa dengan melakukan hal ini menentukan 70%-80% optimasi SEO. Ingat bahwa konten adalah raja.

Bila kita akan menawarkan produk, kesalahan kata kunci dapat menyebabkan penjualan produk kita tidak maksimal. Oleh karena itu, jangan lewatkan bagian ini !

Panduan Riset Kata Kunci


Nah seperti apa cara menguasai kata kunci tersebut berikut beberapa cara yang paling sering digunakan.

#1 Apa yang Anda Pikirkan?

Seperti kata-kata yang sering kita lihat sebelum update status di facebook. Apa yang Anda pikirkan ketika ingin mencari sesuatu di mesin pencari. Misalnya kira-kira ketika anda ingin membahas tentang gitar, kira-kira kata apa yang akan anda ketikan pada kolom pencarian? Mungkin Anda akan mengetik "bagaimana belajar gitar ".

kata kunci, keyword, Tips SEO,


Nah, di sini kita memposisikan diri sebagai pengunjung yang ingin mencari sesuatu maka kita akan mudah untuk menemukan apa kata kuncinya. Jadi bila tadi blog kita mempunyai tema tentang gitar seperti yang saya contohkan di atas maka carilah kata-kata yang berhubungan dengan gitar serta permasalahannya. Sebagai contoh blog sayaslashkygitaris.blogspot.com adalah blog yang membahas tentang gitar maka tentu saja kata kunci yang saya bidik berkaitan dengan gitar misalnya belajar kunci dasar gitar, cara cepat bermain gitar, kunci gitar untuk pemula dasar, dsb.

Jadi mulai berpikir dengan apa yang ingin kita angkat dalam tulisan dan tentu saja sesuai dengan tema blog kita. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa penguasaan untuk tema di blog anda adalah sangat penting.

Dari gambar di atas kita juga bisa menggunakan sugesti dari google untuk mencari kata kunci, seperti ketika kita mengetik kata "Bagaimana belajar gitar" kita juga melihat bahwa google juga merekomendasikan kata lain seperti "bagaimana belajar gitar dengan cepat". Nah, catatlah setiap kata yang kita temukan tadi dalam notepad dan temukan sebanyak mungkin kata kunci yang ingin Anda bidik.

#2 Melihat Penelurusan yang terkait kata kunci


Bila Anda mengetikkan sebuah kata di google di bagian paling bawah Anda menemukan penelurusan yang terkait dengan kata yang telah kita ketik pada search google. 
kata kunci, keyword, Tips SEO,
  Ini juga dapat membantu Anda menemukan variasi yang mungkin bisa Anda tulis.

#3 Manfaatkan Yahoo! Answers


Anda pasti tahu tentang yahoo dan mungkin kebanyakan dari Anda menggunakan email yahoo. Tapi tahukah Anda tentang Yahoo! Answers? Yahoo! Answers adalah sebuah situs dimana orang bisa bertanya dan orang lain akan menanggapi pertanyaan tersebut. Jadi kita dapat menyebutnya sebagai forum tanya jawab yang besar, dimana ketika anda ingin bertanya maka akan mendapatkan jawaban langsung dari orang yang menemukan pertanyaan Anda.

Cara anda tinggal mengunjungi http://id.answers.yahoo.com/  dan kita akan menjumpai halaman awal seperti ini
kata kunci, keyword, Tips SEO,
Ketik kata kunci yang kita inginkan, Lalu klik Cari Y! Answers. Maka kita akan di bawa ke halaman berikutnya.
kata kunci, keyword, Tips SEO,

Di sini kita bisa tahu beberapa variasi dari pertanyaan sehingga kita bisa menggunakannya sebagai tambahan kata kunci kita.

#4 Memanfaatkan forum-forum diskusi

Disini saya akan mengambil contoh dari grup di facebook, dengan catatan grup ini bukan berisi promo atau dagang. Di sana Anda bisa mengintip kata-kata apa saja yang sering ditanyakan bahkan Anda juga bisa mengetahui jawabannya dari para master yang kemudian bisa Anda narasikan sendiri ke dalam artikel di blog Anda. Ingat bahwa pada artikel kita haruslah bisa menghadirkan penyelesaian masalah bagi orang lain. Jadi, setiap pertanyaan adalah sesuatu yang penting terlebih di sana ada kata kunci yang Anda incar.

#5 Blogwalking

Sebuah keharusan bahwa untuk bisa menulis maka kita harus bisa membaca. Oleh karena itu, kita bisa berkunjung ke blog lain untuk membaca-baca di sana. Trik yang kita lakukan adalah dengan membaca artikel yang menurut Anda berhubungan dengan yang ingin di tulis pada artikel Anda. Lihatlah kira-kira apa yang masih kurang dan belum sempat dibahas di sana, jadikan itu poin penting untuk Anda sempurnakan. Hal ini juga dapat menjadi inspirasi untuk menulis bagi Anda.

#6 Menggunakan Google Adword

Cara yang ini adalah paling sering dilakukan oleh para blogger tetapi belakangan ada isu bahwa Google Adword ini akan ditutup. Jadi sebelum itu terjadi kita bisa memanfaatkan situs ini untuk mencari kata kunci kita.

Langkahnya
1. Masuk ke situs Google Adword 
2. Isi data yang ingin dengan kata kunci yang Anda inginkan dengan ketentuan 
kata kunci, keyword, Tips SEO,

  • Kata atau frasa dengan kata yang ingin Anda masukan. Misalnya dengan kata "belajar gitar"
  • Situs bisa anda kosongkan, kecuali Anda ingin mengintip kata kunci dari web pesaing Anda di sini bisa Anda masukan url web tersebut.
  • Untuk kategori, silahkan pilih kata kategori yang anda inginkan misalnya untuk kata belajar gitar di atas saya mememilih kategori Musik
  • Untuk negara dan bahasa silahkan mengisi kira-kira di mana target blog Anda akan dikembangkan. Bila Anda hanya menargetkan kawasan Indonesia maka anda bisa memilih Lokasi Indonesia dan bahasa Indonesia. 
  • Silahkan masukan captha untuk meverifikasi kata yang ada di sana.


Setelah itu, Anda akan melihat berapa kisaran kata dalam pencarian google termasuk juga beberapa kata yang direkomendasikan oleh google. 
kata kunci, keyword, Tips SEO,


Tips penting di bagian ini adalah carilah kata kunci dengan kompetisi rendah tetapi memiliki pencarian yang besar. Selanjutnya silahkan centang masing kata kunci yang memiliki kriteria tersebut lalu copy ke dalam notepad atau catatan Anda. 

Tips penting dalam menerapkan kata kunci

Tips yang paling penting adalah usahakan judul Anda mengandung kata kunci dan buatlah judul yang sedikit lebih panjang terlebih jika blog Anda tergolong baru karena halaman pertama biasanya dihuni oleh blog senior dan memiliki kualitas yang sudah teruji. Oleh karena itu, buatlah judul yang unik karena biasanya mesin pencari suka dengan sesuatu yang segar dan baru. 

Lalu jangan lupa mulai menulis sambil beberapa kali menyebut atau mengulang kata kunci tersebut dalam tulisan Anda. Jangan pula terlalu berlebihan karena bisa dianggap blog sampah sehingga alih-alih berada di halaman pertama malah masuk ke sandbox dan hilang dari pencarian google.

Nah, itulah tadi trik untuk menguasai kata kunci agar bisa berprestasi di google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Komentar

Postingan Populer